marketing@karyaweb.com +628976826098
February 13, 2020 - BY Admin

Mengenal Inbound Marketing lebih lengkap

Banyak perusahaan yang bertanya kepada kami, Apa itu inbound marketingInbound marketing adalah sebuah teknik pemasaran terbaru yang saat ini beranjak populer di dunia marketing, yaitu proses agar dapat ditemukan oleh konsumen atau calon konsumen. Jauh sebelum muncul istilah ‘inbound marketing, teknik semacam ini dikenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization). Sejak sekitar tahun 2006, inbound marketing telah menjadi metode pemasaran yang paling efektif untuk menjalankan bisnis online.

Inbound marketing berfokus pada pembuatan kualitas konten yang menarik orang terkait perusahaan dan produk, di mana mereka secara alami ingin melihatnya. Metode inbound marketing berbeda dengan outbound marketing, Pada  Metode outbound marketing itu kita (perusahaan) mencari atau menjangkau calon konsumen keluar, misalnya seperti membeli ruang iklan, membeli email contact list, atau menelepon calon konsumen dengan penawaran kerja sama.

Sepertinya cukup jelas penjelasan perbedaan antara inbound dan outbound marketing. Di era yang serba digital kini, tentu menerapkan strategi inbound marketing itu sangat efektif sekali. Dengan menyelaraskan konten yang kita publikasikan dengan kepentingan pengguna internet, secara alami kita dapat menarik inbound traffic–pengguna yang mengunduh berkas atau informasi pada website kita–yang kemudian dapat dikonversi menjadi konsumen seiring dengan waktu.

Metode Inbound Marketing Sangat Efektif di Era Digital Saat ini

Metode inbound marketing yang memanfaatkan internet telah memberikan kesuksesan bisnis dalam meningkatkan penjualan dan penghasilan perusahaan. Internet saat ini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Internet tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pekerjaan seperti email saja, tetapi juga dimanfaatkan untuk promosi sampai penjualan terjadi melalui internet, contohnya penjualan barang dan jasa via Facebook, Twitter, dan blog yang kian hari kian marak beredar.

Penggunaan internet sebagai wadah untuk melakukan kegiatan marketing di Indonesia seperti jual-beli (ecommerce) di dunia maya sudah banyak diterapkan oleh perusahaan retail dan bisnis perorangan. Banyak pengguna internet memanfaatkan online marketing untuk melakukan perdagangan, mulai dari B2C (Business to Customer) sampai dengan B2B (Business to Business).

Aktivitas Online Penunjang Inbound Marketing

Dalam penerapan inbound marketing, perlu adanya aktivitas online penunjang dan bisa saling mengintegrasikan satu sama lain. Tidak bisa kita hanya bertumpu pada satu hal. Berikut ini beberapa hal yang akan membuat inbound marketing dapat memberikan hasil yang maksimal dengan menggabungkan semua aktivitas online.

  • Melakukan aktivitas blogging
  • Menciptakan konten seperti pembuatan artikel, infografik, video, dan lain-lain sebagai support dalam aktivitas blogging
  • Melakukan aktivitas social media marketing
  • Search engine optimization
  • Mengatur landing page
  • Memelihara leads/database
  • Melakukan aktivitas email marketing
  • Melakukan SMS Gateway ( masking)

Setelah melakukan semua aktivitas online di atas, lakukan secara berkala pemeliharan yang persuasif kepada pengguna internet yang sudah menjadi subscribers kita melalui email marketing. Hal ini semacam pancingan untuk mereka yang sudah atau yang belum mengenal brand kita agar mereka segera menjadi konsumen. Kirimkan informasi terkait pengetahuan penting atau promosi khusus berdasarkan minat mereka melalui email marketing.