marketing@karyaweb.com +628976826098
September 13, 2019 - BY Admin

8 Indikator Google dalam Penerapan SEO di website

Untuk meningkatkan popularitas Webites Search Engine Optimization (SEO) sangat diperlukan  untuk mengoptimalkan kinerja website di mesin pencari Google. Untuk melihat Optimalnya SEO dapat dilihat dari keterlihatan website di halaman pencarian Google. Bila website Anda tidak dapat ditemukan di halaman awal Google ketika Orang lain mengetikkan sebuah keyword yang berhubungan dengan Usaha anda, bisa dikatakan SEO website Anda masih belum optimal.

Ada beberapa cara yang bisa membuat website populer di Google, salah satunya dengan konten yang familiar dengan keyword yang dicari oleh orang lain. Ada metode berbayar untuk menjadikan website Anda populer di Google, namun cara itu tak direkomendasikan. Cara lain adalah dengan menghubungi Jasa SEO Profesional untuk meningkatkan  Popularitas website Anda di  mesin Pencari Google.

Indikator Utama SEO 

Untuk menentukan sebuah website yang baik ala SEO, Google menerapkan delapan indikator. Google terus memperbarui algoritma mesin pencarinya untuk memenuhi kebutuhan pencari. Perubahan algoritma Google juga membuat indikator SEO pun berubah. Namun, secara umum, ada 8 indikator utama yang memengaruhi tingkat SEO di Google. Berikut indikator utama SEO:

1. URL yang Membentuk Webiste

Setiap website memiliki LINK URL yang diawali dengan World Wide Web (www). URL yang terkait keyword yang banyak dicari akan mudah ditemukan di halaman pertama mesin pencari Google. Misalnya Anda mempunyai bisnis jual beli baju, Anda bisa menggunakan URL www.jualbaju.com untuk menyediakan info bagi orang yang mencari kata kunci/keyword “Jual Baju” di Google.

2. Menggunakan SSL dan TLS

SSL ( Secure Socket Layer) kini telah digantikan fungsinya dengah TLS atau Transport Layer Security merupakan sistem kemanan yang dipakai dalam sebuah website. Google lebih menyukai website yang memakai sistem SSL/TLS karena dinilai secure alias aman. Di samping bar URL sebuah website biasanya ada logo gembok. Logo gembok yang terkunci menandakan website tersebut aman diakses.

3. Konten Original

Konten atau isi website juga menjadi salah satu indikator SEO dari Google. Konten yang relevan dengan pencarian orang di Google akan memiliki SEO yang lebih baik dibandingkan yang tidak relevan. Misalnya, bila Anda membuat website tentang hobi memancing, pastikan konten yang Anda masukkan ke web juga yang berhubungan dengan memancing seperti alat pancing dan spot memancing terbaik.

4. Search Intent

Orang umumnya mencari apa yang ia butuhkan dengan mengetikkan kata kunci. Google akan menerjemahkan kata kunci dengan menyediakan tujuan orang tersebut. Misalnya, jika Anda mengetik kata kunci “Baju Renang”, Google akan menyediakan website penjual Baju Renang, bukan apa pengertian BaJu Renang. Google mencari website yang sesuai dengan apa yang orang lain Butuhkan.

5. Kerapian Konten

Google tidak akan suka dengan website yang menawarkan konten acak-acakan. Pastikan website Anda memiliki struktur konten yang rapi serta jelas. Selain itu, gunakan heading maupun subheading untuk menandai poin penting dalam sebuah konten. Gunakan juga gambar atau video yang menarik dalam konten Anda. Keberadaan video dan gambar itu bisa memperindah konten website Anda. namun akan sedikit berdampak dengan kecepatan akses di website.

6. Meta Tags dan Meta Description

Meta title merupakan judul  dari sebuah website. Title tags merupakan inti keyword dari konten yang Anda masukkan. Sementara meta description adalah rangkuman konten yang diindeks di search engine. Meta description terdiri dari 120-130 karakter dan berada di bawah judul dan URL artikel. Meta tags yang relevan dengan kebutuhan pencarian akan mudah ditemukan di  mesin pencari Google.

7. Backlink

Backlink adalah link website yang menjadi rujukan blog/website lain. Semakin banyak dijadikan rujukan oleh website lain, website Anda akan dinilai berkualitas oleh Google. Selain itu website yang menyertakan web Anda sebagai backlink juga akan dicek kredibilitas dan kualitasnya. Jika berasal dari website berkualitas, maka tingkat SEO akan semakin tinggi. 

8. Kecepatan Akses Loading Website

Website yang lemot alias lama diakses tidak disukai oleh Google. Website yang lama diakses itu kemungkinan besar bermasalah sehingga mendapat nilai SEO buruk dari Google. Intinya, semakin cepat loading website Anda, semakin baik keterbacaannya di indeks Google. Lakukan maintenance website untuk mengatasi masalah loading lama bila terjadi pada website Anda.